/ PHP

Pengenalan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman server yang digunakan untuk membuat website dinamis. Jadi PHP memungkinkan kita untuk membuat aplikasi pada web server yang akan merespon sesuai dengan permintaan dari pengguna.

PHP digunakan oleh banyak developer, diantaranya:

  1. CMS atau Content Management System seperti WordPress, Drupal, Joomla
  2. Platforms E-Commerce seperti WooCommerce, Magento
  3. Web Development Frameworks misalnya Laravel, CakePHP, Symfony

Basic PHP Syntax

Berikut adalah beberapa ketentuan dasar dalam pemrograman PHP:

  1. Extensi default sebuah file PHP adalah .php
  2. Sebuah code PHP dapat diletakan di mana saja dalam sebuah dokumen, diawali dengan <php dan diakhiri dengan ?>
  3. Statement atau baris kode diakhiri dengan tanda semicolon ;
  4. Spasi dan indent tidak memiliki pengaruh dalam PHP. Begitu juga dengan enter/new line. Setiap statement bisa kalian buat dalam beberapa baris. Yang pasti setiap statement harus diakhiri dengan semicolon.
  5. PHP tidak case-sensitive untuk keyword utama misalnya echo, if, foreach, null, true, false dll. Jadi foreach dan FOREACH akan dianggap sama. Namun, nama array, constant, variable, class constant dan class property case-sensitive.

Untuk memahaminya, lihat contoh kode sederhana di bawa ini:

<?php
    echo "Hello World!";
    Echo '<br/>';
    ECHO "Pengenalan PHP";
?>

Kode di atas akan menghasilkan output:

Hello World!

Pengenalan PHP

Comment

Sesuai namanya, comment hanyalah komentar yang kita berikan, biasanya sebelum memulai sebuah bagian kode. Tujuannya untuk memudahkan kita untuk mengingat dan memudahkan orang lain untuk memahami kode kita untuk beberapa baris selanjutnya. Jadi comment tidak akan dieksekusi sebagai kode pemrograman.

Ada beberapa cara untuk membuat comment dalam PHP.

Single-line Comment

Single-line comment bisa dibuat dengan menggunakan simbol # atau // pada awal baris yang akan dijadikan comment tanpa diakhiri dengan simbol apapun. Apabila comment yang kalian buata agak panjang dan menggunakan 2 baris, maka kalian harus menambahkan tanda # atau // lagi untuk baris berikutnya.

Multi-line Comment

Untuk comment yang cukup panjang, kalian bisa menggunakan multi-line comment untuk memudahkan. Multi-line comment diawali dengan /* dan diakhiri dengan */. Semua karakter yang berada di antara kedua simbol itu akan dianggap sebagai comment.

Perhatikan contoh berikut:

<?php
    //Ini adalah sebuah comment
    echo 'Contoh comment 1 baris';
    echo '<br/>';

    #Ini juga comment
    echo 'Contoh comment 1 baris';
    echo '<br/>';

    /*
    Ini contoh comment beberapa baris
    Semua teks yang ada di sini akan dianggap sebagai comment
    echo 'kode ini tidak akan dieksekusi';
    */
    echo 'Contoh comment beberapa baris';
?>

Kode ini kalau dieksekusi akan menghasilkkan output:

Contoh comment 1 baris

Contoh comment 1 baris

Contoh comment beberapa baris

Jadi semua teks yang merupakan comment tidak akan dieksekusi.

Perintah echo dalam PHP

Dalam beberapa contoh di atas kita sudah menggunakan perintah echo. Jadi echo adalah keyword dalam PHP yang digunakan untuk mencetak output baik ke browser maupun ke terminal. Perintah ini akan sangat sering digunakan sehingga ada baiknya kita pahami terlebih dahulu.

Pada dasarnya penggunaan echo sangat simple, kita hanya perlu menambahkan echo di depan string yang akan kita cetak. Bisa menggunakan tanda kurung maupun tanda tanda kurung. Tapi yang lazim digunakan adalah tanpa tanda kurung. Setiap teks yang akan kita tampilkan haruslah diapit oleh single-quote ' atau double-quote ". Apabila kalian ingin menggunakan single-quote di dalam teks, maka gunakan double-quote sebagai pengapit teks, demikian juga sebaliknya. Apabila kalian menggunakan single-quote sebagai pengapit teks, dan ingin juga menggunakannya di dalam teks, maka kalian bisa gunakan \\'

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

<?php
    //Contoh dengan single-quote
    echo 'Belajar pemrograman PHP<br/>';

    //Contoh dengan double-quote
    echo "Menggunakan perintah 'echo'<br/>";

    //Contoh single-quote di dalam teks
    echo 'Dia berkata "I\'m learning PHP"<br/>';
?>

Kode tersebut akan menghasilkan output:

Belajar pemrograman PHP

Menggunakan perintah 'echo'

Dia berkata "I'm learning PHP"

PHP dan HTML

Bagi kalian yang baru baru pertama kali belajar bahasa pemrograman web, mungkin juga perlu mengetahui apa itu HTML dan kenapa kita perlu juga belajar HTML.

HTML atau Hyper Text Markup Language adalah standard markup language untuk pembuatan web page. HTML akan menentukan bagaimana teks itu ditampilkan dalam sebuah browser. Kalau kalian perhatikan contoh-contoh di atas, beberapa kali kita menggunakan <br/>. Nah ini adalah salah satu contoh elemen HTML untuk menampilkan teks selanjutnya pada baris baru. Contoh lainnya misalnya <h1> untuk memformat tulisan menjadi heading, <p> untuk membuat paragraf baru, <b> untuk memberikan efek bold pada teks, dll.

Sementara PHP adalah Hypertext Pre-processor yang tugasnya adalah memproses atau mengolah data sebelum ditampilkan di browser sebagai output. Jadi, tanpa HTML maka hasil dari PHP hanya akan berupa teks yang tidak beraturan. Kalau bisa dianalogikan seperti kita sedang membuat rumah, maka PHP adalah peralatan untuk mencampur bahan bangunan, memotong kayu, termasuk juga para pekerjanya. Intinya semua yang terlibat dalam mempersiapkan bahan. Nah hasil potongan-potongan kayu, keramik, kaca, dll tersebut kemudian diletakkan sesuai desain yang ingin kita buat. Ada yang dijadikan dinding, pintu, lantai, dll. Itulah alasan mengapa ketika kita belajar PHP kita harus juga belajar HTML. Namun karena HTML tidak begitu sulit (setidaknya elemen-elemen dasarya), kita bisa sambil belajar HTML ketika kita belajar PHP.

Selain itu juga, ada yang namanya CSS, yang fungsinya mengatur style baik itu warna, ukuran, design, dll. namun untuk saat ini sebaiknya kalian fokus di PHP dan HTML.