/ BLOGGING, WEBP

Apa Itu Format WebP? Apa Keunggulan dan Kekurangan Format WebP?

Apa itu format WebP?

WebP merupakan sebuah format image web yang dikembangkan oleh Google. WebP menawarkan ukuran file gambar yang lebih kecil pada tingkat kualitas yang sama dengan format image yang lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas format WebP tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya.

Berbicara tentang format file image untuk ditampilkan di website, ada beberapa jenis format yang bisa kita gunakan. Yang paling umum adalah format PNG, JPEG (atau JPG), dan GIF. Meskipun format-format ini populer, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

  • JPEG merupakan format yang dapat menampilkan gambar yang sangat detail dengan banyak warna. Format ini sangat cocok untuk fotografi. Namun, ukuran filenya cenderung lebih besar dari format yang lain dan hasilnya kurang baik bila dikompresi. Selain itu, format JPEG tidak mendukung transparansi.
  • PNG ideal untuk gambar yang tidak terlalu melibatkan banyak data misalnya logo atau hasil screenshot. Format ini mampu mempertahankan kualitas gambar saat dikompresi, dan mendukung transparansi. Namun, format ini kurang bagus untuk fotografi.
  • GIF sangat baik untuk gambar animasi sederhana, dan ukuran filenya lebih kecil dari format lainnya. Namun, GIF kurang bagus untuk gambar statis.

Gambar WebP adalah format gambar dari Google yang dirancang untuk memungkinkan kita menampilkan gambar di web dengan kualitas yang sama dengan format gambar yang ada, tetapi dengan ukuran file yang lebih kecil.

Secara rata-rata, ukurang file WebP 25-34% lebih kecil dibandingkan format JPEG dan 26% lebih kecil dibandingkan dengan format PNG. Berikut perbandingannya:

Kelebihan format WebP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, format ini dibuat untuk menyediakan opsi yang lebih baik untuk menampilkan gambar pada media website dengan ukurannya yang lebih kecil.

Ukuran file sangat penting bagi sebuah website. Dalam hampir semua situasi, ukurang file yang kecil lebih penting daripada kualitas gambar yang ditampilkan dikarenakan, biasanya gambar di website hanya untuk ditampilkan di layar monitor, bukan untuk dicetak.

Semakin kecil ukuran sebuah gambar, maka cepat halaman website tersebut bisa diaksses. Terlalu banyak gambar dengan ukuran besar akan membuat sebuah website menjadi lambat, dan pada akhirnya menurunkan reputasi website tersebut. Pengunjung mungkin tidak akan sabar dan akhirnya meninggalkan website tersebut dan mencari website yang kinerjanya lebih baik.

Dengan tetap menjaga kualitas gambar dengan baik dan dengan ukuran yang lebih kecil, WebP menjadi alternatif yang sangat baik untuk gambar pada halaman website. Selain itu, WebP mendukurng transparansi yang sangat berguna ketika kita ingin menampilkan logo atau gambar branding lainnya.

Kekurangan format WebP

Kekurangan utama dari format WebP adalah bahwa format ini belum didukung oleh semua jenis browser. Berikut adalah daftar browser yang sudah support format WebP berdasarkan data Januari 2020:

Suport WebP

  • Chrome
  • Firefox (desktop version)
  • Edge
  • Opera
  • Samsung Internet
  • Baidu

Belum Support WebP

  • Safary
  • Internet Explorer
  • Firefox (android version)
  • UC browser

Conclusion

Format WebP merupakan format image yang dibuat oleh google yang sangat baik untuk menampilkan gambar untuk website. Kelebihannya adalh ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan format lainnya. Namun, saat ini masih ada beberapa jenis browser yang belum support format ini.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan format ini?