/ WORDPRESS

Cara Install Wordpress di Local Server

Untuk memudahkan pengembangan Wordpress, ada baiknya kita menginstall Wordpress di local server terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kita untuk mengedit dan mengcustomize Wordpress sesuai dengan yang kita inginkan sebelum diupload di online server.

Untuk melakukannya, tentunya kita harus membuat local server terlebih dahulu. Jika sudah punya, silahkan lanjutkan tutorial ini. Jika belum, maka sebaiknya kalian ikuti dulu toturial Cara Membuat Local Server di Windows dengan XAMPP.

Berikut cara install Wordpress di local server dengan menggunakan XAMPP:

1. Download Wordpress files

Pertama, kita harus mendownload file Wordpress dari website wordpress.org. Klik tombol Get Wordpress di halaman awal website tersebut untuk mendownload Wordpress terbaru dalam format .zip.

2 Extract file archive Wordpress

Pindahkan file Wordpress yang sudah didownload ke folder htdocs yang ada di dalam folder instalasi XAMPP dan silahkan diextract atau di unzip file wordpress tersebut. Jika sudah selesai, kalian akan memperoleh sebuah folder wordpress yang berisi semua file yang dibutuhkan.

Kalian bisa merename name folder wordpress sesuai dengan yang diinginkan. Nama tersebut akan digunakan saat membuka wordpress melalui browser.

3. Jalankan Apache dan MySQL server melalui Control Panel XAMPP

Sebelum menginstall Wordpress, kita perlu menjalankan Apache dan MySQL server terlebih dahulu. Caranya, buka control panel XAMPP dan klik tombol start seperti pada gambar di bawah.

Jika kalian belum menginstall XAMPP, silahkan ikuti tutorial Cara Membuat Local Server di Windows dengan XAMPP.

4. Siapkan database Wordpress

Untuk bisa menginstall wordpress kita butuh database MySQL. Jadi kita siapkan terlebih dahulu sebuah database dengan menggunakan aplikasi phpMyAdmin. Buka browser kalian dan masukan url http://localhost/dashboard dan klik menu phpMyAdmin yang ada di paling kanan daftar menu. Atau, kalian bisa juga langsung menuju halaman phpMyAdmin melalui http://localhost/phpmyadmin.

Kemudian klik menu Database untuk membuat database baru.

Masukan nama database dan klik tombol create.

Di sini kalian bisa juga membuat user account untuk memanage database. Namun untuk simpelnya, kita hanya akan menggunakan user default dalam tutorial ini.

5. Install Wordpress pada local server

Nah, langkah terakhir kita tinggal mengikuti proses instalasi melalui browser. Sekarang coba buka browser dan masukan alamat http://localhost/wordpress atau http://127.0.0.1/wordpress. Ingat kalau kalian sudah mengganti nama wordpress myblog, maka alamat urlnya menjadi http://localhost/myblog. pada halaman instalasi, pilih bahasa yang akan digunakan dan tekan continue.

Selanjutnya akan muncul halaman untuk informasi database. Masukan informasi database sesuai yang sudah kita buat.

Di sini, karena kita tidak membuat user untuk database kita, maka kita gunakan user root dan tanpa password. Jika kalian membuat user, maka masukkan user dan password.

Jika sudah tekan submit.

Apabila ada error dan system wordpress gagal membuat file wp-config, maka lakukan secara manual seperti langkah 6 di bawah.

Bila tidak ada masalah dengan wp-config, maka pada halaman selanjutnya tekan tombol Run the instalation. Halaman selanjutnya kita diminta untuk memasukan informasi website kita. Lihat contoh di bawah ini.

Jika sudah, tekan tombol Install Wordpress dan proses instalasi selesai. Kalian bisa mengakses website kalian di http://localhost/wordpress dan menu admin di http://localhost/wordpress/wp-admin

6. Edit file wp-config.php (Alternative)

Adakalanya ketika proses instalasi, system wordpress tidak bisa membuat file wp-config.php secara otomatis dikarenakan adanya pembatasan akses untuk mengubah atau membuat file. Untuk itu, file wp-config.php harus diedit secara manual. Caranya, kita harus memasukan informasi database kita ke dalam file wp-config.php yang ada di dalam folder wordpress. Caranya, buka folder wordpress, rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. Kemudian, buka file tersebut dan masukan informasi database sesuai yang sudah kita buat sebelumnya. Contohnya seperti ini:

define( 'DB_NAME', 'testsite' );

/** MySQL database username */
define( 'DB_USER', 'root' );

/** MySQL database password */
define( 'DB_PASSWORD', '' );

/** MySQL hostname */
define( 'DB_HOST', 'localhost' );

Conclusion

Dalam tutorial ini, kita sudah membahas Cara Install Wordpress di Local Server nmelalui beberapa langkah: download file Wordpress dan extract, jalankan local server melalui XAMPP, siapkan database MySQL dan terakhir, install Wordpress melalui browser.

Selamat mencoba dan semoga suskses.